Facebook Untit Pengguna Saat Berselancar di Situs Lain

Seorang ahli tekonologi asal Australia, Nik Cubrilovic, menggemparkan dunia maya setelah mengeluarkan pernyataan jika Facebook terus menguntit pengguna meski mereka sudah logout dari akun mereka. Demikian dilansir Sydney Morning Herald, Senin (26/9/2011).
Secara terpisah, setelah meluncurkan fitur Timeline yang langsung bisa diakses oleh para penggunannya memperlihatkan sebuah fitur yang membolehkan seseorang melihat siapa yang menghapus mereka dari daftar pertemanan.
Perubahan lainnya, tampilan profil mirip dengan scrapbook dari kehidupan si pengguna dan didesain untuk memberikan keleluasaan kepada 800 juta user untuk berbagi mengenai apa yang mereka baca, dengar, atau nonton secara realtime.
Namun, sesuatu yang menakutkan kini muncul setelah Nik Cubrilovic melakukan sejumlah tes yang memperlihatkan walaupun user sudah logout dari Facebook ketimbang menghapus semuacookiesFacebook malah memodifikasi, mempertahankan informasi akun, dan token unik lainnya untuk mengidentifikasi pengguna.
Jadi kemanapun user berkunjung di dunia maya, selama situs tersebut memasang tulisan Facebook button atau widget, browsertetap mengirim detail ke Facebook. "Meski Anda sudah logged outnamun Facebook masih menguntit situs mana yang Anda telah kunjungi," kata Cubrilovic.
"Satu solusi yang penting adalah menghapus semua cookies Facebook yang ada di browser atau menggunakan browser terpisah jika melakukan interaksi di Facebook," jelasnya.
tribunnews.

No comments:

Post a Comment