Ribetnya Dunia Jejaring…

Share aje nih sob': ^_^

Kemaren, gue satu mobil dengan best friend gue. Kemudian dia ngedumil sendiri gara2 posisinya anjlok gara2 seharian nggak keluar rumah. Gue piker anjlok apaan, sampe dia berubaha untuk menaikkan peringkat alias rattingnya ke posisi puncak. Lalu sobat gue sibuk memainkan jari2nya di tuts Blackberry-nya.

“Peringkat apaan sih..??”

“Ini lho, gara2 seharian nggak keluar rumah posisi gue di FourSquare anjlok. Sialannn!!!”

“Emang kalo anjlok kenapa..?”

“Ya, gue harus menaikkan ratting gue lagi. Gue harus bisa mencapai puncak lagi!”

“Caranya..??”

“Ya, kita harus rajin ’ngider’ alias berpergian, kemudian kita melaporkan keberadaan kita, kemudian kita dapat poin, kemudian posisi kita bisa menanjak naik lagi…”

“Ooooo gitu ya…??”

“Iya… makanya gue lagi nulis kalo kita lagi di Jalan Tol. Nanti pasti dapat point lagi.”

“Trus, penting nggak…???”

“Nggak juga sih… tapi seru aja. Bikin kita semakin lincah aja kemana2 hahahhahah”

Percakapan pun kami tuntaskan dengan happy ending.. karena kami tertawa bersama2…meski gue tetap mikir…

it’s not me…

Karena gue orang yang nggak suka ribet. Gue nggak suka hal2 yang bisa menambah pikiran gue.bisa2 gue bertanduk dan emosi jiwa se-emosi-emosinya… Secara… hidup ini sudah ribet, kenapa juga dunia jejaringan membuat kita semakin ribet..!!! tapi gue tidak pernah melarang teman gue menikmati dunia FOURSQUARE-nya. Karena dia enjoy, kenapa gue panic..? hanya saja, gue nggak layak menjadi pengguna FS tersebut. Karena gue nggak suka yng ribet2…

Cerita di atas masih membahas tentang repotnya mengikuti gaya hidup FOURSQUARE.

Berda lagi dengan gaya hidup di jejaringan TWITTER..meski gue punya account di dunia Twitter (@baroezy). Sejujurnya gue bukan pengguna twitter aktif, tapi bisa disebut sebagai pengamat aktif. Karena gue lebih suka mengamati dan membaca2 pola tingkah para mahluk2 di dunia TWITTER. Sejujurnya, twitter gue isinya lebih banyak foto2 dari hasil jepretan gue, ketimbang mengirim kalimat2 SOK BIJAK yang banyak gentayangan di dunia Twitter.

Sumpah!!! Gue suka ketawa melihat pengguna Twitter yang isinya kalo tidak basa basi ber-‘say hello’, juga mencela atau juga menggurui. Menurut gue di dunia twitter Buanyaaaaakkkkk bangat mahluk2 “PINTER” (tanda kutif) yang sejujurnya mereka tidak pinter. Tapi sok pinter dengan memberikan TIPS-TIPS. Ada yang sok mahir di dunia tulis menulis, sering memposting TIPS-TIPS cara menulis yang baik…. Trus ada juga yang sok mahir di dunia keuangan, kemudian memposting TIPS-TIPS cara menghemat uang. Tips kecantikan, tips pinter nulis scenario, tips politik, tips traveling, tips tips tips lainnya dll.dll..dll…

Padahal ada kejadian seru saat gue bertemu dengan seorang pengguna twitter yang paling doyan menulis tips di jejaringan 140 karakter itu. Dengan sok pilon dia berkata,”bang, ajarin dong aku nulis novel… gimana ya? Aku kok sering mentok kalo sudah menulis panjang2…”

Nah, lo… bukannya elo doyan ngasih tips di twitter??? Bisik hati gue. Secara gue masih sadar diri, masih merasa bego dan belum layak member tips yang SOK MENGGURUI ke orang lain.…

Bahkan gara2 jejaringan twitter, ada menteri yang sering jadi bulan2an karena statement2 begonya yang gentayangan di dunia twitter. Maka jadi deh dia dihujat, dicaci maki dan dipojokkan… itulah TIFTAKTUL SEMRIWING….

Intinya, di jejaringan TWITTER sering terjadi debat kusir antar sesama pengguna twitter. Caci maki, hujat menghujat agama, suku, ras dan macem2 deh… serem banget!!!!

Jadi, kalo emang nggak mau direpotkan member TIPS-TIPS yang nggak penting, kenapa harus repot??? Nggak perlukan kita harus terlihat “PINTER” di dunia maya? Agar kita di follow banyak orang…amit2…. Gue bukan penikmat banyak followers. Cukup yang gue anggap layak aja. Kalo pun ada yang sudah di follow tapi ternyata nggak suka dengan polah tingkahnya, ya unfollow aja atau BLOCK aja sekalian! Beres kan..???

FACEBOOK…

Nih dia.. dunia yang juga sering menimbulkan perdebatan antar sesama pengguna FB. Di dunia facebook gue pernah berdebat dengan teman sesama wartawan dulu. Berdebat hal2 yg gak penting. Malu2in banget bukan..?? Hingga akhirnya, gue mengiklaskan kehilangan sahabat seperti dia dan me-removed teman yang suka cari gara2 itu. Anehnya itu orang kok suka banget sih berdebat masalah2 yang nggak penting???

Enjoy yur life aja. Nikmati aja dunia facebook elo… ngapain peduli dengan isi account facebook orang lain. Tidak heran kalo jejaringan facebook juga sering menimbulkan masalah. Biasanya kalo ada masalah global soal SARA atau soal KONFLIK antara Negara, pengguna FB paling gampang terprovokasi. Sementara gue, si pengguna facebook yang paling susah terpancing provokasi meski panasnya masalah yang tengah terjadi. Buat apa kita panic dan emosi..???

duh, nggak penting banget buang2 energi memikirkan yang nggak penting. Ntar juga reda kok..!!!! jadi sedikit bijak aja menyikapi semua yang terjadi. Kalo nggak senang ya REMOVED aja! Beres..!!

BBM (Blackberry Messenger)

Sebenarnya BBM itu sifatnya lebih personal. Hanya pengguna Blackberry yang sudah tuker2an PIN saja yang bisa membaca status dan melihat foto profil di BBM kita.

Tapi gue sempat kaget dengan salah satu teman di BB gue yang usil banget mencampurin urusan gue gonta ganti status atau ganti foto profil. Dia sempat protes dan menggembar2kan di FB dan juga secara langsung BBM gue..

“lo kok sering ganti2 foto profil sih?”

Jujur gue kaget..

Kok bisa diterganggu ya..?

Nggak senang..? ya removed aja…ngapain stress mikirin kesenangan orang. Kan nggak harus gue mengikuti kesenangan elo bukan..?? jadi lagi2 pake prinsif ENJOY YOUR LIFE aja deh untuk menyikapi semuanya.

Kaget banget ketika dia sibuk memikirkan status gue.. memikirkan foto2 profil gue. Secara kalo pun gonta ganti foto profil, yang gue ganti bukan foto gue yang sedang NARSIS. Melainkan foto2 hasil jepretan gue yang gue piker senang aja memajangnya menjadi foto profil.

Jadi kenapa harus repotttt…?????

Jadi… kalo elo sudah membaca uneg-uneg gue ini…sebaiknya kamu lebih smart deh menyikapi semuanya… ya, kayak smartphone… hanya smart people yang layak memakainya hehhehehheheheh

So, enjoy your life guys..!!!!
[kompasiana]

No comments:

Post a Comment