Shelomita: Jangan Membesarkan Anak dengan Ambisi

Tidak banyak buku panduan untuk menjadi orangtua yang baik. Kita sebagai orangtua pun tidak memiliki patokan atau aturan khusus dalam membesarkan anak sehingga tidak ada jaminan kalau kita sudah berhasil mendidik anak dengan baik.

Shelomita, aktris cantik yang juga ibu tiga anak, mengaku punya cara tersendiri dalam mengasuh anak. "Saya tidak pernah mendidik anak-anak dengan ambisi, itu saja kuncinya," tutur Shelo seusai acara peluncuran Parenting Ensiklopedia oleh penerbit Esensi-Erlangga Group di Prefere Playground, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2010).

Ambisi orangtua akan menutupi kemampuan anak yang sebenarnya. Akibatnya, anak tidak bisa berkembang sesuai dengan kemampuan mereka sebab orangtua sudah memaksakan kehendaknya. Dari segi emosional, anak juga merasa tertekan sebab mereka tidak diberi kebebasan untuk melakukan apa yang mereka sukai dan menjadi minat mereka.

"Saya juga tidak pernah memilah-milah antara anak laki-laki dan perempuan. Semua harus diperlakukan sama," lanjut perempuan berkulit putih ini.

Meskipun begitu, penting untuk memberikan pengertian antara anak perempuan dan laki-laki supaya mereka paham batasannya. Contohnya, anak perempuan tidak bermain pistol karena pistol merupakan mainan anak laki-laki. Berikan contoh permainan yang lazim dilakukan oleh anak perempuan. Melarang tanpa memberi penjelasan hanya akan membuat anak makin penasaran. Mereka akan mempertanyakan kenapa hal tersebut dilarang dan semakin penasaran, mereka akan makin mendekati obyek yang dilarang.

Intinya, anak-anak harus diberi kebebasan berekspresi, baik laki-laki maupun perempuan. Jangan membatasi keinginan anak-anak hanya karena kita menganggap hal tersebut kurang populer di antara anak-anak pada umumnya.[kompas]

No comments:

Post a Comment